Tempat Wisata

Informasi Tempa Wisata dan Hotel di Indonesia

Suka Naik Gunung? Kenali Jenis Sepatu Hiking Ini

Bagi para pencinta ketinggian, tentu tau dong setiap pendakian harus menggunakan sepatu hiking demi keamanan dan keselaman selama melakukan pendakian.

f:id:tempatwisata:20181114181302j:plain

Ada banyak merk sepatu gunung / hiking seperti eiger dan rei. Harga sepatu rei maupun sepatu eiger tak jauh beda. Namun kalau jenis sepatu hiking kamu bisa bedakan tidak? Nah berikut adalah perbedaan jenis sepatu hiking :

1. Sepatu hiking

Model berpotongan rendah dengan midsoles fleksibel sangat baik untuk hiking hari. Beberapa backpackers ultralight bahkan dapat memilih sepatu lari untuk perjalanan jarak jauh.

2. Sepatu hiking Santai (Bisa Untuk Aktivitas Sehari-Hari)

Ini berkisar dari model menengah hingga tinggi dan ditujukan untuk kenaikan hari atau perjalanan backpacking dengan beban ringan. Mereka sering melenturkan dengan mudah dan membutuhkan sedikit waktu istirahat, tetapi mereka tidak memiliki dukungan dan daya tahan sepatu bot backpacking yang kuat.

3. Sepatu bot Backpacking

Ini dirancang untuk membawa beban yang lebih berat pada perjalanan multiday jauh ke pedalaman. Sebagian besar memiliki potongan tinggi yang membungkus di atas pergelangan kaki untuk dukungan yang sangat baik. Tahan lama dan mendukung, dengan kaki yang lebih kaku daripada sepatu yang lebih ringan, mereka cocok untuk perjalanan di luar atau di luar jalur.

 Hiking Boot Bagian Atas
Material memengaruhi berat bagasi, breathability, daya tahan, dan tahan air.

Kulit full-grain: Kulit full-grain menawarkan daya tahan yang sangat baik dan ketahanan abrasi serta ketahanan air yang sangat baik. Ini paling sering digunakan dalam sepatu booting yang dibuat untuk perjalanan panjang, beban berat, dan medan yang berat. Itu tidak ringan atau bernapas seperti kombinasi kulit nilon / belah-gandum. Waktu istirahat yang cukup diperlukan sebelum memulai perjalanan panjang.

Baca Juga : 

tempatwisata.hatenablog.com

Kulit split-grain: Kulit split-grain biasanya dipasangkan dengan nilon atau nilon mesh untuk menciptakan boot ringan yang menawarkan breathability yang sangat baik. Kulit split-grain "memisahkan" bagian yang lebih kasar dari kulit sapi dari eksterior halus. Manfaatnya adalah biaya yang lebih rendah, namun, downside kurang resistensi terhadap air dan abrasi (meskipun banyak fitur liners tahan air).
Kulit Nubuck: Kulit Nubuck adalah kulit full-grain yang telah digosok hingga menyerupai suede. Ini sangat tahan lama dan tahan air dan abrasi. Ini juga cukup fleksibel, namun itu juga membutuhkan banyak waktu untuk masuk sebelum kenaikan panjang.
Sintetis: Polyester, nilon dan apa yang disebut "kulit sintetis" semua biasanya ditemukan di sepatu bot modern. Mereka lebih ringan dari kulit, pecah lebih cepat, lebih cepat kering dan biasanya lebih murah. Downside: Mereka mungkin menunjukkan keausan lebih cepat karena lebih banyak jahitan di bagian luar boot.
Membran tahan air: Sepatu dan sepatu yang ditagih sebagai bagian atas "tahan air" yang dibuat dengan membran tahan air / bernapas (seperti Gore-Tex® atau eVent®) untuk menjaga kaki tetap kering dalam kondisi basah. Kelemahan: Daya tahan yang berkurang yang diciptakan oleh membran (dibandingkan dengan jaring ventilasi yang digunakan pada beberapa sepatu nonwaterproof) dapat mendorong kaki untuk berkeringat pada hari-hari musim panas.
Vegan: sepatu bot dan sepatu hiking yang ramah lingkungan dibuat tanpa bahan hewani atau produk sampingan.
Isolasi: Insulasi sintetis ditambahkan ke beberapa sepatu pendaki gunung untuk kehangatan saat hiking di salju dan gletser.

Hiking Boot Midsoles
Midsole, yang menyediakan bantalan, menyangga kaki dari guncangan dan sangat menentukan kekakuan boot. Sepatu bot yang kaku mungkin tidak terdengar bagus, tetapi untuk pendakian yang lama di medan yang berbatu dan tidak rata, itu bisa berarti kenyamanan dan stabilitas yang lebih besar. Boot yang kaku tidak akan membiarkan kaki Anda aus dengan membungkus setiap batu atau akar pohon yang Anda injak. Bahan midsole yang paling umum adalah EVA (ethylene vinyl acetate) dan polyurethane.

EVA sedikit lebih enak, lebih ringan dan lebih murah. Midsoles menggunakan kepadatan EVA yang beragam untuk memberikan dukungan yang lebih kuat jika diperlukan (misalnya, di sekitar kaki depan).
Poliuretana umumnya lebih kencang dan lebih tahan lama, sehingga biasanya ditemukan dalam sepatu bot backpacking dan mountaineering yang diperpanjang.

Hiking Boot Dukungan Internal
 

Shanks: Selipan tebal 3-5 mm ini diapit di antara midsole dan outsole boot untuk menambah kekakuan menahan beban ke midsole. Mereka bervariasi panjangnya; beberapa menutupi seluruh panjang midsole, sementara yang lain hanya menutupi setengah.
Piring: Ini, sisipan semiflexible tipis diposisikan antara midsole dan outsole, dan di bawah betis (jika termasuk). Mereka melindungi kaki dari memar oleh akar atau batu yang tidak rata.

Hiking Boot Outsoles
Karet digunakan pada semua sepatu boot outsoles. Aditif seperti karbon kadang-kadang ditambahkan ke sepatu bot backpacking atau gunung untuk meningkatkan kekerasan. Pinggiran yang keras meningkatkan daya tahan tetapi dapat terasa licin jika Anda keluar dari jalur.

Pola Lug: Lugs adalah tonjolan yang memberi traksi pada outsole. Lugs yang lebih dalam dan lebih tebal digunakan pada sepatu backpacking dan mountaineering untuk meningkatkan grip. Lugs yang sangat luas menawarkan traksi yang baik dan menumpahkan lumpur lebih mudah.
Rem tumit: Ini mengacu pada zona tumit yang jelas yang berbeda dari kaki depan dan lengkungan. Ini mengurangi kesempatan Anda meluncur selama turun curam.

Kompatibilitas Crampon
Jika Anda berencana untuk melakukan pendakian gunung atau musim dingin, memiliki sepatu bot dan crampon yang kompatibel sangat penting untuk keselamatan Anda. Saat Anda berbelanja di REI.com untuk sepatu gunung pria atau sepatu boot gunung wanita, mempersempit pencarian Anda dengan kompatibilitas crampon. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang crampon, baca Crampon kami: Cara Memilih artikel.

Hiking Boot Fit

Sepatu bot hiking harus pas di mana-mana, tempat yang ketat dan menawarkan ruang untuk menggoyangkan jari-jari kaki Anda. Coba mereka di akhir hari (setelah kaki membengkak) dan dengan kaus kaki yang Anda rencanakan untuk dipakai.

Ketahuilah ukuran Anda. Sebaiknya panjang kaki, lebar, dan panjang lengkung Anda diukur pada perangkat yang dikalibrasi khusus di REI. Volume kaki, kunci lain untuk cocok, harus dinilai oleh seorang spesialis di toko.

Anda juga dapat mengukur panjang kaki Anda dan menggunakan grafik ukuran REI.com untuk menemukan ukuran Anda. Periksa kembali panjang kemudian dengan menarik sol keluar dari sepatu bot dan berdiri di atasnya; Anda harus memiliki lebar ibu jari di antara jari kaki terpanjang dan ujung insole.

Coba sepatu bot di penghujung hari. Kaki Anda biasanya membengkak sedikit selama kegiatan hari itu dan akan menjadi yang terbesar pada saat itu. Ini membantu Anda menghindari membeli sepatu bot yang terlalu kecil.

Jika Anda memakai orthotics, bawa mereka. Mereka berdampak pada fit boot.

Pakailah kaus kaki yang sesuai. Kaus kaki yang familier membantu Anda lebih cepat menilai kecocokan dan nuansa alas kaki baru. Pastikan ketebalan kaus kaki sesuai dengan apa yang ingin Anda pakai. Dan di jalan setapak, gunakan kaus kaki katun sintetis daripada kaus kaki katun lambat-pengeringan, yang lebih cenderung memberi Anda lecet. Belanja pilihan kaus kaki hiking REI.

Luangkan waktu di sepatu bot. Berjalan-jalanlah di toko. Berjalan naik dan turun tangga. Temukan permukaan miring dan berjalan di atasnya.

Isu-isu yang cocok untuk dibagikan dengan spesialis alas kaki Anda: Anda tidak ingin merasakan ganjalan atau jahitan yang aneh, atau mencubit di depan kaki, atau jari-jari kaki menabrak ujung boot ketika berada di lereng. Jika sepatu bot terikat dengan kuat dan Anda masih merasakan ruang di atas bagian atas kaki Anda, maka volume bootnya salah.

Saat berbelanja online, pertimbangkan merek yang Anda pakai sebelumnya. Kebanyakan perusahaan boot cenderung menggunakan model kaki yang konsisten dari waktu ke waktu, sehingga kemungkinannya akan serupa.

Ubah strategi simpul Anda: Bagaimana Anda mengikat sepatu bot Anda dapat mengubah bagaimana mereka cocok. Lihat artikel kami tentang Hantaman Tips untuk meningkatkan kesesuaian Anda.

Pertimbangkan sol aftermarket (a.k.a. footbeds). Sol hadir dalam model yang dapat meningkatkan kenyamanan, dukungan atau kesesuaian — atau ketiganya. Lihat artikel Nasihat Ahli kami, Sol: Cara Memilih.

Pecahkan sepatu bot Anda sebelum perjalanan pertama Anda. Terlalu banyak pejalan kaki yang linglung mengabaikan langkah penting ini. Baca artikel kami Melanggar Boot Booting Anda untuk mempelajari caranya.