Tempat Wisata

Informasi Tempa Wisata dan Hotel di Indonesia

Penyebab Kulit Merah, Ketahui Bahaya dan Cara Mengatasinya Disini

Kulit memerah sering merupakan tanda visual dari rasa malu, cemas, atau terlalu panas. Namun, seringnya memerah terkadang mengindikasikan kondisi medis yang mendasarinya.

f:id:tempatwisata:20200229152927j:plain

Penyebab Kulit Merah, Ketahui Bahaya dan Cara Mengatasinya Disini

Kulit memerah terjadi ketika ratusan pembuluh darah kecil tepat di bawah kulit membesar, atau melebar. Ketika pembuluh darah ini mengembang, mereka dengan cepat terisi dengan lebih banyak darah, yang dapat membuat kulit tampak merah atau merah muda.

Efek ini lebih terlihat di daerah-daerah tubuh di mana pembuluh darah paling dekat dengan kulit, seperti pipi dan dada. Kulit yang memerah juga terasa panas saat disentuh atau menyebabkan sensasi sedikit terbakar.

Kulit memerah biasanya tidak berbahaya dan berumur pendek, tetapi penting untuk mewaspadai gejala lain yang mungkin menyertai pembilasan.

Penyebab paling umum kulit memerah meliputi:

Memerah

Menjadi cemas atau malu dapat menyebabkan tubuh melepaskan hormon, seperti adrenalin, yang sementara melebarkan pembuluh darah dan menyebabkan kemerahan pada kulit.

Orang sering menyebut jenis kulit memerah ini sebagai memerah.

Beberapa orang merasa memerah memalukan atau tidak menyenangkan, yang dapat menyebabkan kecemasan lebih lanjut yang membuat muka memerah menjadi lebih buruk.

Panas
Ketika seseorang menjadi terlalu panas, itu menyebabkan pembuluh darah melebar dalam upaya untuk mendinginkan tubuh. Respons ini juga dapat menyebabkan kulit memerah. Olahraga, aktivitas fisik yang intensif, atau perubahan suhu yang tiba-tiba semua dapat memiliki hasil ini.

Kemerahan yang dihasilkan dari olahraga atau berada di lingkungan yang panas biasanya tidak memprihatinkan. Namun, orang yang merasa terlalu panas harus memastikan bahwa mereka minum air dan fokus untuk mengambil napas dalam-dalam.

Kulit memerah yang terjadi dengan gejala lain, seperti kesulitan bernapas, kelelahan, atau kebingungan, dapat menjadi tanda penyakit yang berhubungan dengan panas, seperti kelelahan panas atau sengatan panas.

tempatwisata.hatenablog.com

Gangguan endokrin
Sistem endokrin terdiri dari kelenjar yang menghasilkan hormon, yang merupakan pembawa pesan kimia yang mengirimkan informasi dari satu area tubuh ke area lainnya. Hormon-hormon ini bergerak melalui aliran darah dan membantu mengatur berbagai fungsi tubuh.

Ketika tubuh memproduksi terlalu banyak atau terlalu sedikit hormon, ini mengganggu komunikasi internalnya. Beberapa gangguan endokrin menyebabkan perubahan hormon ini, yang dapat menyebabkan berbagai gejala.

Gangguan endokrin apa pun yang menghasilkan hormon tingkat tinggi yang memengaruhi stres, tekanan darah, atau pelebaran pembuluh darah dapat menyebabkan kemerahan.

Misalnya, sindrom Cushing menyebabkan tubuh memproduksi terlalu banyak kortisol, yang dapat menyebabkan kenaikan berat badan di sekitar dada dan perut, diabetes, masalah kesehatan jantung, dan pembilasan.

Obat-obatan

Obat-obatan tertentu dapat menyebabkan kulit memerah sebagai efek samping pada beberapa orang. Obat-obatan ini termasuk:

beberapa antibiotik
blocker saluran kalsium
vasodilator
nitrat
asam nikotinat
tamoxifen
hormon pelepas tiroid
opioid, seperti morfin
Jika seseorang khawatir tentang kulit memerah yang dihasilkan dari minum obat tertentu, dokter mungkin dapat merekomendasikan obat alternatif.

Alkohol
Alkohol meningkatkan tekanan darah dan menyebabkan pembuluh darah mengembang, yang dapat menyebabkan kulit memerah.

Semakin banyak alkohol yang dikonsumsi seseorang, semakin besar kemungkinan mereka melihat kulit mereka memerah. Kulit memerah setelah minum alkohol biasanya tidak memprihatinkan.

Rosacea

Rosacea adalah kondisi kulit jangka panjang yang biasanya terjadi pada wajah dan dapat menyebabkan kemerahan, jerawat, pembuluh darah yang terlihat, dan masalah kulit lainnya. Rosacea sering dimulai dengan pembilasan, dan setiap serangan pembilasan bisa berlangsung sedikit lebih lama dari yang sebelumnya.

Penyebab rosacea tidak jelas. Namun, pada beberapa orang, faktor-faktor tertentu dapat memicu timbulnya gejala. Pemicu umum meliputi:

menekankan
paparan sinar matahari
suhu panas atau dingin
makanan atau minuman tertentu
obat-obatan tertentu
Dengan pengobatan, yang mungkin termasuk obat topikal dan antibiotik oral, orang biasanya dapat menjaga gejala rosacea terkendali.

Sindrom karsinoid
Sindrom Carcinoid adalah kondisi langka yang dapat menyebabkan kulit memerah pada wajah dan dada.

Sindrom karsinoid terjadi pada sekitar 10 persen orang dengan tumor karsinoid. Tumor karsinoid adalah jenis kanker yang tidak biasa yang biasanya dimulai pada saluran pencernaan tetapi dapat menyebar ke bagian lain dari tubuh, termasuk hati, pankreas, dan paru-paru.

Tumor karsinoid menghasilkan zat seperti hormon, seperti serotonin, yang kadang-kadang dapat menyebabkan perkembangan sindrom karsinoid. Gejala-gejala lain dari tumor-tumor ini dan sindrom carcinoid dapat termasuk sakit perut, diare, dan kesulitan bernafas.

Kanker tiroid
Kanker tiroid dapat mengubah perilaku kelenjar tiroid, yang dapat mempengaruhi produksi hormon dan dapat menyebabkan pembilasan. Karsinoma tiroid meduler adalah jenis kanker tiroid yang paling mungkin menyebabkan kemerahan, tetapi hanya sekitar 4 persen kanker tiroid.

Mati haid

Menopause adalah saat seseorang berhenti mengalami menstruasi secara permanen. Pada orang yang mengalami menopause, perubahan kadar hormon dapat memengaruhi aliran darah dan menyebabkan serangan kemerahan yang dikenal sebagai hot flashes. Selama hot flash, seseorang mungkin mengalami perasaan panas yang tiba-tiba dan intens yang dapat menyebar ke seluruh tubuh.

Siapa pun yang peduli dengan gejala menopause mereka harus berbicara dengan dokter, yang dapat memberikan saran tentang berbagai opsi perawatan.

Sindrom aktivasi sel mast
Sindrom aktivasi sel mast (MCAS) adalah suatu kondisi yang dapat menyebabkan seseorang mengalami gejala anafilaksis, seperti gatal-gatal, kulit memerah, dan kesulitan bernapas.

Sel mast adalah bagian dari sistem kekebalan tubuh, dan MCAS terjadi ketika tubuh melepaskan terlalu banyak zat di dalam sel ini pada waktu yang salah.

Gejala lainnya termasuk gatal pada mata, hidung, mulut, dan tenggorokan, tekanan darah rendah, dan detak jantung yang cepat.

Kiat pencegahan
Kulit yang memerah tidak selalu mudah dicegah, tetapi melakukan hal berikut dapat membantu:

menghindari suhu ekstrem dan berpakaian sesuai cuaca
minum banyak cairan untuk mencegah panas berlebih dan dehidrasi
mempertahankan berat badan dan tekanan darah yang sehat dengan berolahraga secara teratur dan makan makanan yang sehat dan seimbang
membatasi asupan alkohol
mempelajari teknik relaksasi, seperti latihan pernapasan, perhatian, dan meditasi, untuk mengatasi stres
merawat segala kondisi medis yang mendasarinya yang dapat menyebabkan kulit memerah
Untuk kulit memerah yang berhubungan dengan stres, kegelisahan, atau respons emosional, seorang profesional medis dapat menyarankan terapi dan teknik yang mungkin membantu.

Kapan harus ke dokter
Kulit memerah biasanya tidak berbahaya, tetapi kadang-kadang bisa menjadi tanda kondisi yang mendasarinya. Yang terbaik adalah menemui dokter jika pembilasan:

menjadi lebih sering atau semakin buruk
tampaknya tidak berhubungan dengan panas, olahraga, atau respons emosional
terjadi bersamaan dengan gejala yang tidak dapat dijelaskan lainnya, seperti diare atau jantung berdebar kencang
menyebabkan rasa malu, stres, atau kecemasan yang signifikan
Bawa pulang
Kulit memerah terjadi ketika pembuluh darah tepat di bawah kulit melebar dan terisi lebih banyak darah.

Bagi kebanyakan orang, pembilasan sesekali adalah normal dan dapat terjadi karena terlalu panas, berolahraga, atau respons emosional. Kulit memerah juga bisa menjadi efek samping dari minum alkohol atau minum obat tertentu.

Terkadang, pembilasan bisa menjadi tanda kondisi medis yang mendasarinya, seperti rosacea, kanker, atau gangguan endokrin. Orang yang memiliki muka memerah yang tampaknya semakin memburuk, muncul bersamaan dengan gejala lainnya, atau tidak memiliki penyebab yang jelas harus mengunjungi dokter kulit di jogja atau dimanapun kota Anda berada.

 

sumber