Tempat Wisata

Informasi Tempa Wisata dan Hotel di Indonesia

Sepatu Anak-Anak Sketchers Tuai Amarah Orang Tua

Merk Sepatu Sketchers baru-baru ini dilaporkan menuai kemarahan dari banyak orang tua yang merasa prihatin dengan peluncuran produk baru mereka untuk sepatu anak-anak perempuan usia delapan tahun.

f:id:tempatwisata:20180821130206j:plain

Sebuah blog orang tua di internet dengan tegas menyatakan kecamannya bahwa sepatu seharga $75 tersebut telah mendorong anak-anak untuk memiliki citra yang tidak sehat atas tubuhnya.

Bukan hanya produknya saja, iklan komersialnya pun mendapatkan kecaman serupa. Iklan Sketchers yang menampilkan adegan gadis kartun yang dikejar-kejar oleh anak laki-laki yang berpakaian seperti fast food juga menjadi keprihatinan dari orang tua.

Iklan Sketchers yang kontroversial tersebut terselip diantara acara anak-anak di TV di antara saluran Nickelodeon dan Cartoon Network.

Baca Juga : 

tempatwisata.hatenablog.com

Tamy Jones, seorang penulis blog di Mom Entrepreneurs menuliskan kecamannya bahwa citra gadis dalam iklan tersebut, yang semuanya kurus dan tinggi, sangat mengganggu pikirannya.

“Hal ini cukup keras bagi gadis-gadis muda yang berjuang untuk kepercayaan dirinya, yang secara terus menerus mendapatkan tekanan untuk menyesuaikan diri dan menjadi sempurna,”

Sementara itu, yang lainnya mengkhawatirkan gambaran gadis muda dalam iklan tersebut yang bisa menggiring gadis-gadis muda untuk menyesuaikan diri mereka yang pada akhirnya bisa menyebabkan gangguan makan dan sesak napas pada mereka. “Gadis kecil seharusnya tidak mengkhawatirkan tentang membentuk paha dan pantat” tulis situs Jezebel.com

Dr. Robyn Silverman, spesialis perkembangan anak dan ahli dalam citra tubuh menambahkan ” Kami pernah mempunyai percakapan serupa baru-baru ini saat di sekolah anak perempuan saya ada sebuah pertunjukan mendorong bikini sampai thong yang seperti bicara dan mengedipkan-mengedipkan mata pada mereka”.

Reaksi atas sepatu tersebut tidak berhenti sampai disitu. Sebuah online forum bahkan telah memulai menggalang petisi untuk menghambat jangkauan produk tersebut.

Sebuah website kemudian menuliskan bahwa “Wanita mempunyai banyak waktu untuk target berat badan mereka sepanjang hidupnya. Dan Sketchers ini sedang mengirimkan pesan yang jelas kepada anak perempuan dan wanita: kamu tidak pernah terlalu muda untuk memulai membenci tubuhmu sendiri”.

Sepatu ini juga diduga menyebabkan kerusakan fisik. Hilary Brenner, seorang ahli perawatan kaki mengatakan bahwa ” Sepatu ini dirancang untuk melemparkan kita dari pola normal kita, dan ini tidak didesain untuk anak-anak. Saya tidak merekomendasikan ini untuk pertumbuhan kaki” ujarnya.