Tempat Wisata

Informasi Tempa Wisata dan Hotel di Indonesia

Wisata Tawangmangu Air Terjun Grojogan Sewu

Grojogan Sewu adalah adalah salah satu wisata tawangmangu yang paling populer. Ini adalah nama air terjun yang berada di lereng kecamatan Mount Lawu Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah, sekitar 27 km di sebelah timur Kota Karanganyar. Air terjun Grojogan Sewu adalah bagian dari Taman Nasional Grojogan Sewu.

f:id:tempatwisata:20180222161622j:plain

grojogan sewu


Grojogan Sewu berarti air terjun seribu. Meski air terjun di sini tidak berjumlah seribu, namun ada beberapa titik air terjun yang bisa dinikmati di sini. Air terjun tertinggi adalah sekitar 80 meter. Ada juga air terjun yang tidak terlalu tinggi tapi tetesan airnya menyebar dan membentuk dahan-dahan yang meningkatkan daya tarik kecantikannya, sehingga seperti pada saat musim hujan, dinding sekitarnya akan dihujani oleh air terjun.

Objek wisata ini merupakan perpaduan antara taman nasional dan air terjun. Objek wisata air terjun Grojogan Sewu menyimpan banyak keindahan. Saat pertama kali memasuki lokasi objek wisata air terjun Grojogan Sewu ini, pengunjung akan kaget dengan monyet. Untuk sampai di lokasi objek wisata air terjun, wisatawan harus berjalan melalui ratusan langkah yang ada dan disusun rapi. Di beberapa sudut tikungan di tangga, tersedia tempat berlindung bagi wisatawan yang ingin beristirahat.

Di lokasi Air Terjun Grojogan Sewu, wisatawan bisa menikmati pemandangan alam yang indah. Wisatawan yang ingin mendekati air terjun, harus berhati-hati karena harus melewati batu-batu besar yang licin. Wisatawan disarankan agar tidak mandi persis di bawah air terjun karena air terjun mengalir sangat keras dan bisa menyebabkan tubuh sakit. Jika wisatawan ingin mandi dengan kondisi aman, sudah cukup dilakukan di sekitar air terjun. Apalagi turis bisa jalan-jalan mengikuti daerah wisata sambil melihat-lihat pemandangan berbukit yang indah dan tertangkap.

Selain wisata alam, di kawasan Air Terjun Grojogan Sewu diterima oleh beberapa fasilitas lainnya, seperti taman binatang hutan, kolam renang, dan taman bermain untuk anak-anak dan toko suvenir. Di kawasan wisata ini juga didapat tempat penyewaan kuda yang bisa digunakan untuk berkeliling kompleks taman wisata.

Untuk mencapai Air Terjun Grojogan Sewu, wisatawan bisa menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum. Para wisatawan harus tiba di Kota Solo terlebih dahulu. Jika ingin menggunakan angkutan umum, pengunjung bisa menggunakan bus besar rute Solo-Tawangmangu. Diperlukan waktu sekitar satu setengah jam. Setelah sampai di Tawangmangu, wisatawan bisa berjalan sekitar satu kilometer atau menggunakan angkutan umum lagi untuk mencapai Air Terjun Grojogan Sewu.